Kamis, 09 Juli 2015

Tak Ada WNA Ilegal di Bayah


SERANG - Kantor Imigrasi Kelas I Serang menegaskan tidak ada warga negara asing (WNA) di Bayah, Kabupaten Lebak, sebagaimana diberitakan oleh media massa. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Serang MT Satiawan mengatakan bahwa ia bersama Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada pekan lalu langsung mengunjungi Bayah untuk memastikan kabar tersebut.
Hasilnya, tidak ditemukan adanya WNA yang ilegal. Bahkan ia juga mengatakan tidak ada WNA yang meninggal, seperti diberitakan media massa."Ndak ada itu yang ilegal atau meninggal. Kalau ada sudah kita tangkap," kata Satiawan saat dihubungi Banten Raya, Selasa (7/7).

Satiawan mengungkapkan bahwa dari pantauan di lapangan langsung WNA yang ada seluruhnya sudah mengantongi izin kerja. Izin tersebut langsung dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dan fakta yang sesungguhnya adalah bahwa para WNA ini dalam waktu dekat masa kerjanya akan berakhir. "Sebentar lagi mereka akan pulang ke negara asal. Itu fakta di lapangan," katanya.

Satiawan mempertanyakan data yang dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten yang mengatakan ada 500 WNA ilegal. Bahkan ia mempertanyakan di mana lokasi tepatnya WNA tersebut. Apalagi jumlahnya yang fantastis mencapai ratusan orang, sangat tidak mungkin dapat bersembunyi dan seharusnya dengan mudah ditemukan."Kita sudah tanya ke kelurahan, koramil, semuanya bilang tidak ada," ujarnya menegaskan.

Meski demikian, Satiawan enggan mengatakan jika informasi yang disampaikan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten tersebut bohong atau keliru. Sebab bila memang di lapangan ada, pernyataan itu akan bertentangan.

Ia menjelaskan bahwa izin kerja WNA ada tiga macam, yaitu izin kerja seluruh, internal, dan daerah. Kerja seluruh adalah izin yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, kerja internal dikeluarkan pemerintah provinsi, dan kerja daerah dikeluarkan oleh pemerintah kabupate/kota. "Bisa jadi yang dikeluarkan pemerintah pusat belum tercatat oleh provinsi, yang dikeluarkan oleh provinsi belum tercatat oleh kabupaten/kota," katanya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Service center midea di beberapa provinsi Indonesia

PT.MIDEA PLANET INDONESIA Jl. Rungkut Asri Tengah No.22a, Rungkut Kidul, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60293 0800 1888523 03199842330 0...