Kamis, 21 Agustus 2014

Satu Warga Filipina Diamankan Imigrasi Kotamobagu



TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Mario Villiar (45), warga Davao, Filipina, harus menjalani pemeriksaan di Kantor Imigrasi Kelas III Kotamobagu, Jumat (15/8/2014). Pria yang sudah lancar berbahasa Indonesia dialek Manado ini merupakan imigran gelap yang sudah tinggal empat tahun di Indonesia.
    Kepala Kantor Imigrasi Kotamobagu Arthur L Mawikere mengatakan, Viliar diamankan karena tidak memiliki dokumen yang sah untuk tinggal di Indonesia. Viliar dibawa oleh petugas keimigrasian dari Desa Jiko, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Boltim, tempat pria ini tinggal dalam delapan bulan terakhir.
"Kami mendapatkan informasi dari warga setempat tentang adanya warga asing yang tingga di desa itu. Setelah kami cek, ternyata informasi tersebut memang benar adanya," ujar Arthur di kantornya.
Hasil pemeriksaan sementara, Villiar mengaku tak sendirian tinggal di Desa Jiko. Seorang teman senegaranya bahkan sudah menikah dan tinggal lebih lama lagi darinya di Desa Jiko. Arthur mengatakan, pihaknya akan menjemput teman Viliar itu untuk diperiksa kelengkapan dokumen.
"Dia dan temannya berpinda-pindah. Dari Pekalongan, Kendari dan sampai ke Bolmong Timur. Sementara temannya masih dilacak keberadaannya," kata Arthur.
Saat jeda pemeriksaan oleh petugas Imigrasi, kepada Tribun Manado, Viliar mengaku datang ke Indonesia melalui pelabuhan Bitung. Dia bersama beberapa temannya dari Filipina menggunakan perahu kora-kora. "Sekitar tiga hari tiga malam saya berada di laut sebelum sampai ke Bitung," kata Villiar.
Dia mengaku selama di Indonesia bekerja sebagai nelayan. Villiar juga mengaku ahli dalam memperbaiki perahu. Keahliaanya tersebut yang ia gunakan untuk bertahan hidup. "Saya datang ke Indonesia untuk mencari pekerjaan. Selain memperbaiki perahu, juga menangkap ikan," kata dia.
Selama pemeriksaan, Viliar tampak beberapa kali minta izin ke toilet. Namun lelaki berawakan kurus namun kekar ini, lancar menjawab pertanyaan dari petugas keimigrasian dengan bahasa Indonesia logat Manado. (suk)


sumber :  http://manado.tribunnews.com/2014/08/16/warga-filipina-diamankan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Service center midea di beberapa provinsi Indonesia

PT.MIDEA PLANET INDONESIA Jl. Rungkut Asri Tengah No.22a, Rungkut Kidul, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60293 0800 1888523 03199842330 0...